UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dorong mahasiswa ciptakan peluang kerja sendiri. Di Era Digital ini harus bisa membuat inovasi-inovasi baru jika ingin membuka usaha. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Program Pascasarjana (PPS) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO) gelar Seminar Nasional dan TOT Enterpreneurship.

Acara yang mengambil tema “Mencetak Enterpreneur Muda, Kreatif, Inovatif dan Mandiri” ini berlangsung di Aula Sarwakirti, Kamis (26/09). Kegiatan yang diikuti kurang lebih 500 peserta dibuka langsung Drs. Sulistyo, M.Ak selaku Dekan FEB Unikama.

“Saya sangat berterimakasih kepada HIMAPINDO yang telah mensupport kegiatan ini. Sehingga para pengurus pusat bisa hadir disini untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa. Kita semua disini untuk belajar bersama tentang bagaimana menjadi seorang pengusaha setelah saudara lulus dari Unikama. Semoga nantinya saudara bisa mengembangkan potensinya,” ungkap Drs. Sulistyo, M.Ak dalam sambutannya.

Wakil Walikota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko turut hadir dan juga sebagai Keynote Speaker dalam acara Semnas ini. Dalam kesempatan ini, Ia memberikan informasi bagaimana mengembangkan dunia usaha di era 4.0. Kota Malang juga akan mendirikan wadah bagi anak kreatif, yakni Malang Creative Center (MCC), jelasnya.

“Kedepan kita akan fokuskan Kota Malang sebagai Kota Industri yang berbasis teknologi. Misi pemerintah dan Walikota Malang yakni mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif dan berkelanjutan. Maka dari itu, saya ingin mewadahi mahasiswa muda supaya menjadi individu yang berinovasi dan kreatif dalam Program MCC,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum HIMAPINDO Budiyanto juga ikut andil menjadi pemateri. Ia menjelaskan tentang dinamika usaha dan permasalahan apa saja yang akan dihadapi mahasiswa nanti saat menjadi pengusaha. Setelah berakhirnya kegiatan ini mahasiswa memiliki banyak informasi yang nantinya bisa dikumpulkan untuk bekal mereka di masa depan.

“Milikilah keinginan yang kuat, berani mewujudkan dan jadilah pengusaha yang mandiri, bersinergi dan mengabdi. Jika kalian melihat kami yang berada didepan ini berhasil, sebetulnya kalian juga bisa dan berpotensi. Jadi keberhasilan yang kami dapatkan memang pantas dan sesuai dengan batasan waktu yang kami miliki,” tutur Apik Syamsul Rijal, S.Sos salah satu Trainer Indonesia.

Disela-sela acara, Eenk Heryono, S.E selaku Sekretaris Jendral (Sekjend) DPP HIMAPINDO juga menjelaskan bahwa di Indonesia ini butuh banyak pengusaha muda yang sukses. Terutama dikalangan mahasiswa untuk menjadi pengusaha sebelum sarjana.

“Kami yakin bahwa kesuksesan yg hebat bukan lahir dari satu orang yang hebat, akan tetapi lahir dari satu team yang hebat,” pungkasnya.

Pacu Mahasiswa jadi Pengusaha, Unikama Kolaborasi dengan HIMAPINDO Adakan Seminar Nasional dan TOT Enterpreneurship
WhatsApp chat