Sejarah Singkat

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang berdiri sejak tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No: 106/D/O/2001 Tanggal 2 Agustus 2001. Berdirinya Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang diawali dari penggabungan antara IKIP PGRI dengan STIBA Kanjuruhan yang dikelola oleh Yayasan Penyelenggara Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI Malang (YPLP-PT PGRI Malang) dan perubahan status menjadi Universitas Kanjuruhan Malang.

Pada Tanggal 6 Februari 2015 Fakultas Ekonomi berubah nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Kanjuruhan Malang No: 128/VI.A9/UK-ML/II.2015. Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang semula hanya memiliki dua Program Studi yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi, kini bertambah satu  keluarga baru yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Sejak awal berdirinya sampai sekarang telah berusia 16 tahun, sebanyak 6 Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang membawa perubahan dan perkembangan bagi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Adapun dekan-dekan dengan periode kepemimpinannya sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Lilik Kustiani, SS, MM (2001 – 2004)
  2. Prof. Dr. Ir. Tries Edy Wahyono, MM (2004 – 2008)
  3. Ir. Dinda Frismandiri, MM (2008 – 2011)
  4. Dr. Endi Sarwoko, SE, MM (2011 – 2013)
  5. Koenta Adji Koerniawan, SE, Ak, MM, BKP, CPA (2013 – 2016)
  6. Prof. Dr. Achmad Sudiro, SE., ME (2016 – 2017)
  7. Drs. Sulistyo, M.Ak (2017 – 2021)

Fakultas Ekonomika dan Bisnis sebagai institusi pendidikan yang mampu mencetak lulusan di bidang pendidikan Ekonomi dan Bisnis yang unggul untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang ekonomi dan bisnis yang memiliki keunggulan dan relevansi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan dan mengembangkan hasil penelitian yang berkontribusi terhadap perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi dan  kesejahteraan masyarakat, menyelenggarakan tata kelola dan iklim organisasi dengan baik dan harmonis, serta menanamkan jiwa kewirausahaan kepada civitas akademika.

Sesuai dengan aturan dari pemerintah bahwa setiap program studi harus dilakukan akreditasi, maka sejak Tahun 2006 seluruh program studi yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang telah memperoleh status terakreditasi dari BAN-PT.