UNIKAMA – Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang (FEB UNIKAMA) mengadakan pelatihan WPPE (Wakil Perantara Perdagangan Efek). Pelatihan ini diadakan untuk melanjutkan materi Etika dan Alur Perdagangan Pasar Modal yang sudah berjalan.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 46 peserta, mahasiswa Unikama dan mahasiswa dari luar Unikama. Di hari yang terakhir diadakan Ujian Kompetensi dengan standar score kelulusan 60, ungkap dekan FEB, Drs. Sulistyo, M.Ak.

“Ujian Kompetensi ini terdiri dari 4 Mata Kuliah yaitu, Pasar Modal Indonesia dan Mekanisme Perdagangan Efek, Pengetahuan tentang efek, Analisis Ekonomi, Keuangan perusahaan dan Investasi, Hukum dan Etika WPPE. Syarat kelulusan Ujian Kompetensi itu harus lulus di keempat materi tersebut. Jika ada salah satu materi yang tidak memenuhi score maka dinyatakan gagal dan harus mengulang kembali,” jelas wakil dekan FEB Unikama, Dr. Vinus Maulina, MM.

Saat ini ada delapan peserta di putaran pertama yang lulus dalam Ujian Kompetensi dan mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut selain bersifat SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) juga bersifat Nasional. Karena Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan pelatihan dan Ujian Kompentensi bekerjasama dengan The Indonesia Capital Market Institude (TICMI) dan Bursa Efek Indonesia.

Sehingga mereka yang bersertifikat akan mudah sekali bergabung dalam perusahaan Pasar Modal. Terkadang pihak Bursa Efek Indonesia juga mencari pegawai yang bersertifikat. Dengan demikian, pihak kampus akan mengirimkan beberapa mahasiswa yang memenuhi kualifikasi tersebut untuk bekerja.

“Bagi peserta yang belum lulus masih memiliki kesempatan 2 kali untuk mengikuti ujian kompetensi lagi. Karena bobot ujian ini memang sangat sulit sekali, ujian diadakan dalam waktu dekat ini supaya mereka tidak lupa tentang materi ujiannya,” imbuh wakil dekan FEB.

Sementara itu, Dekan FEB berharap untuk mereka yang mendapatkan sertifikat tersebut bisa menggunakan sebagaimana mestinya. (aisyah)

FEB UNIKAMA Gelar Pelatihan WPPE
WhatsApp chat