UNIKAMA – Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang (FEB UNIKAMA) berhasil meraih akreditasi peringkat SINTA 3 kemenristekdikti. Prestasi ini membuat semua pihak bangga, tak terkecuali Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas (P3U UNIKAMA) Muhammad Nur Hudha, M.Pd.

Saat ini sudah 2 jurnal UNIKAMA yang terakreditasi kemenristekdikti yakni Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM) di peringkat SINTA 3 dan Jurnal Konseling Indonesia (JKI) di peringkat SINTA 4. Menurutnya tidak mudah untuk mendapat akreditasi dari Kemenristekdikti ini karena P3U UNIKAMA sendiri juga baru dibentuk pertengahan tahun lalu.

“Pemeringkatan SINTA ada 6 tingkat, kita di posisi seperti ini sudah bagus sebenarnya, untuk hasil evaluasi JEM mendapat nilai 60-69. Karena tidak mudah untuk menyemangati para pengelola jurnal untuk aktif. UNIKAMA sendiri sebenarnya punya banyak jurnal tapi karena masih kurang dari 2 tahun kami tidak bisa ajukan untuk akreditasi,” terangnya saat ditemui wartawan.

Saat ini P3U UNIKAMA sendiri juga sedang mempersiapkan beberapa jurnal yang ditargetkan harus terakreditasi tahun depan. “Tahun 2019 kami persiapkan tim akreditasi jurnal. Kedepan kami akan ajukan 4-6 jurnal untuk terakreditasi,” imbuh dosen Pendidikan Fisika ini.

Diantara jurnal yang akan diajukan tahun depan adalah milik Fakuktas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sains & Teknologi dan beberapa fakultas lain. Pihaknya optimis tahun depan UNIKAMA mampu menambah jurnal yg terakreditasi.
Selain itu tugas P3U adalah memacu dosen meningkatkan jumlah publikasi UNIKAMA dalam ranah internasional yang saat ini sudah mengalami banyak kemajuan dibandingkan tahun sebelumnya. (inka)

FEB UNIKAMA Raih Jurnal Akreditasi Kemenristekdikti
WhatsApp chat