FEB Unikama Ajari Siswa SMA dan SMK Ilmu Perekonomian Lewat Olimpiade

UNIKAMA – Lewat cara yang kreatif yakni Olimpiade, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) ajari siswa SMA dan SMK se-Malang Raya Ilmu Ekonomi. Kegiatan yang diberi nama Economic Bussines Festival Awards (EBFA) 2020 ini diikuti oleh 20 tim, satu tim terdiri dari 3 orang.

Olimpiade yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Program Studi (Prodi) Akuntansi dan Manajemen ini dikemas dengan cara yang berbeda. Babak Final yang diselenggarakan hari Sabtu (22/02/2020) ini menyisakan 6 tim. Sebelumnya para juri sudah melakukan proses seleksi dan menyisihkan 14 proposal.

Setiap tim tersebut bersaing dalam olimpiade ekonomi. Mereka harus bisa memecahkan dan menganalisis contoh kasus dengan baik.

“Setiap peserta diberikan gambaran studi kasus, dimana mereka harus bisa memecahkan dan menganalisis suatu permasalahan ekonomi yang ada dalam sebuah perusahaan. Mereka juga dituntut untuk bisa mengembangkan strategi-strategi pengembangan suatu perusahaan agar tetap bisa maju setelah mengalami beberapa permasalahan,” ungkap Ketua Pelaksana EBFA 2020 Nur Agustin Rosidatul Aini.

Tidak hanya itu, mereka juga harus mempresentasikan hasil studi kasus tersebut. Para peserta melakukan analisis SWOT merupakan teknik perencanaan yang biasa dilakukan untuk menganalisis kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) suatu perusahaan.

“Kami berharap lewat acara ini, siswa SMA/SMK di Malang ini bisa makin terpacu menciptakan bentuk pemasaran baru yang kreatif, lewat Studi Kasus. Hal ini juga bisa menjadi bekal mereka kedepan jika ingin masuk dunia perkuliahan, setidaknya mereka sudah punya gambaran,” tambahnya.

Selain itu, tujuan diadakan Olimpiade dengan tema Studi Kasus ini juga sekaligus mengenalkan bahwa belajar di Unikama sangatlah menyenangkan dan tidak monoton.

“Lewat Olimpiade ini mereka bisa mengukur kemampuannya dalam menganalisis suatu permasalah dan menyelesaikannya dengan baik. Saat mereka sudah bekerja nanti, pengalaman inilah yang akan membantu,” ujar Nur Agustin.

HMPS Prodi Manajemen Unikama berharap lewat acara ini siswa SMA/SMK bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat terutama dibidang pemasaran. Harapannya kedepannya, mereka juga ingin menggelar Olimpiade setingkat mahasiwa dan Nasional.